SELAYANG

" Sai Sipa Diwaka Gantani Pun... Sai Bumi Khuwa Jukhai. Pepadun Jama Sai Batin. Sangun Saka Jak Tumbay. Sai Yakin Bumi Tulin. Hukum Sipatni Adat, Pukhanti Pakha Niti. Igama Pakha Wasa... Juga Makhi Sai Temon... Tihadap Kuti Khumpok Kepakha Punyimbang Bubidang Bumi, Bubidang Buai."

Monday, March 5, 2012

______BADIK ANAK KHUMBAI______




JENIS BADIK ANAK KHUMBAI

"Badik Anak Khumbai 
Gaman Khaja di Lawok
 Sepuhni Way Sekahai
Baju Rantai Tekulok"

 
 Jenis Badik ini merupakan penyempurnaan dari Jenis Badik Kelingi yang dibuat oleh Umpu Jadi Sakti. Keberadaan Jenis Badik ini sudah ada sejak pertengahan abad Ke-15.



Badik Jenis Anak Khumbai ini dipercaya oleh sebagian masyarakat Lampung sebagai Senjata Tikam yang dapat menembus Ilmu Kebal yang dimiliki seseorang pada zaman dahulu. Selain kemampuannya dalam menembus ilmu kebal Badik Anak Khumbai juga sering digunakan oleh Panglima Perang Keratuan-Keratuan di Lampung untuk memecah belah kekuatan lawan, hal ini dapat dilihat dari filosofi pada bilah Gaman yang mempunyai sisi segitiga.




IRHAM RIDHO
Glr. PANGERAN KELANA DATUK PUTIH

2 comments:

  1. Maaf badik ini siapa pemilik nya,, salam dari saya,keturunan sang umpu khatu ali(pemutokh agung) yg ke 12 sekedau way sekahai di bandar lampung rajabasa

    ReplyDelete
  2. Maaf badik ini siapa pemilik nya,, salam dari saya,keturunan sang umpu khatu ali(pemutokh agung) yg ke 12 sekedau way sekahai di bandar lampung rajabasa

    ReplyDelete