SELAYANG

" Sai Sipa Diwaka Gantani Pun... Sai Bumi Khuwa Jukhai. Pepadun Jama Sai Batin. Sangun Saka Jak Tumbay. Sai Yakin Bumi Tulin. Hukum Sipatni Adat, Pukhanti Pakha Niti. Igama Pakha Wasa... Juga Makhi Sai Temon... Tihadap Kuti Khumpok Kepakha Punyimbang Bubidang Bumi, Bubidang Buai."

Monday, March 5, 2012

BADIK BAYANG CAPIT

 
" Badik Bayang Capit
di Rimba Payah Petungga
 Pituh Kumbok Betikhit
Mak Cabuk Silap Mata "















Badik jenis ini bisa di pakai oleh semua kalangan keluarga khususnya bagi mereka yang sering keluar masuk hutan( berhuma ).

 







 








Dalam Mitosnya, 
Badik Jenis ini sangat di percaya oleh sebagian masyarakat di Lampung untuk menghalau binatang buas sehingga sulit bagi orang yang memegang badik ini untuk bertemu binatang buas di dalam rimba.



IRHAM RIDHO
Glr. PANGERAN KELANA DATUK PUTIH

4 comments:

  1. sebah khazanah budaya lampung yang hampir pudar seiring perkembangan kemajuan zaman. akankah khazanah ini semakin hilang???

    ReplyDelete
  2. marilah kita sama-sama saling menumbuhkembangkan kecintaan akan khazanah budaya kepada anak, adik, saudara dan teman2 kita.....

    ReplyDelete
  3. apakah badik bayang capit sama dengan badik pelimbang sudu tigo (sebutan orang abung )...?




    ReplyDelete
  4. badik pelimbang sudu tigo ino anjak gambar gegeh jamo badik bekining bayang suduk (http://khasanahbadiklampung.blogspot.com/2012/03/badik-bekining-bayang-suduk-badik.html)...mahap lamun salah.

    ReplyDelete