SELAYANG

" Sai Sipa Diwaka Gantani Pun... Sai Bumi Khuwa Jukhai. Pepadun Jama Sai Batin. Sangun Saka Jak Tumbay. Sai Yakin Bumi Tulin. Hukum Sipatni Adat, Pukhanti Pakha Niti. Igama Pakha Wasa... Juga Makhi Sai Temon... Tihadap Kuti Khumpok Kepakha Punyimbang Bubidang Bumi, Bubidang Buai."

Tuesday, March 6, 2012


BADIK GELINGGING



" Badik Gelingging Paku Bumi
  Tuah Anak Negeri
  Pak Pematang Pak Jadi
  Duduk Banjakh Duduk Dipati..."


Dalam catatan sebuah hikayat masyarakat suku lampung Badik Gelingging adalah sebuah maha karya Umpu Jadi Sakti. Badik Gelingging ini adalah senjata yang khusus digunakan dalam acara-acara ritual untuk mendirikan sebuah kampung/negeri. Dengan cara dipakukan ditengah-tengah kampung yang akan didirikan atau dalah istilah bahasa lampung DIBANTON.

Sehingga konon menurut Kepakha Pengetuha, senjata ini diyakini dapat mengusir makhluk-makhluk halus yang berdiam di wilayah tersebut dan dapat pula menyeimbangkan Struktur Geologi Tanah sehingga tidak mengalami goncangan yang ditimbulkan oleh ketidak stabilan alam yang mungkin disebabkan karena Dang Hyang / Petunggu yang ada di wilayah tersebut.


Oleh karena itu banyak orang-orang yang mencari keberadaan Badik tersebut. Karena dalam keyakinan mereka badik tersebut dapat memuluskan keinginan seseorang yang ingin menjadi seorang pemimpin suatu wilayah atau negeri.

Badik ini sangat langka keberadaannya. Bahkan karena kesohorannya dan juga karena nilai etika serta estetikanya,banyak para Raja-Raja dari tanah Melayu  yang mencari keberadaan Badik tersebut.



IRHAM RIDHO
Glr. PANGERAN KELANA DATUK PUTIH

No comments:

Post a Comment