SELAYANG

" Sai Sipa Diwaka Gantani Pun... Sai Bumi Khuwa Jukhai. Pepadun Jama Sai Batin. Sangun Saka Jak Tumbay. Sai Yakin Bumi Tulin. Hukum Sipatni Adat, Pukhanti Pakha Niti. Igama Pakha Wasa... Juga Makhi Sai Temon... Tihadap Kuti Khumpok Kepakha Punyimbang Bubidang Bumi, Bubidang Buai."

Tuesday, March 6, 2012

____BADIK SIWOKH____



" Badik Lebai Sebajaw . Pakaian Khaja di Lawok . 
Pitu Pematang, Pak Pulau . Khacun Lapah Ya Ngisok "


Dalam istilah Sai Batin senjata ini disebut dengan  Badik Sewokh. Dan dalam bahasa Pubian disebut dengan Badik Belida atau Badik Bajaw. Keberadaannya di lampung, Badik jenis ini berasal dari Umpu Sebajaw yaitu seorang tokoh dari tanah Bugis yang pernah datang ke Tegineneng Lampung untuk mengadu ilmu dengan tokoh Pubian Tegineneng yaitu Datuk Tuan Kuasa Tuha.

Dalam legenda, Umpu Sebajaw dapat dikalahkan oleh Datuk Tuan Kuasa Tuha. Dengan kekalahannya tersebut Umpu Sebajaw meminta kepada Datuk Tuan Kuasa Tuha untuk dapat diangkat menjadi saudara / MUAKHI. Permintaan tersebut di kabulkan oleh Datuk Tuan Kuasa Tuha dan Umpu Sebajaw pun diberi sebagian wilayah yang dimiliki Datuk Tuan Kuasa Tuha untuk tempat tinggal dan beranak  cucu disana. Adapun wilayah tersebut adalah di wilayah Natar Lampung Selatan. Hingga saat ini situs makam Umpu Sebajaw masih dapat kita jumpai disana.


IRHAM RIDHO
Glr. PANGERAN KELANA DATUK PUTIH

2 comments:

  1. Bisa Kirimkan Info Mengenai Situs Umpu Sebajaw Tuan ?, Karena saya ada Rencana Mau Berkunjung Kesitus nya ,..

    ReplyDelete