SELAYANG

" Sai Sipa Diwaka Gantani Pun... Sai Bumi Khuwa Jukhai. Pepadun Jama Sai Batin. Sangun Saka Jak Tumbay. Sai Yakin Bumi Tulin. Hukum Sipatni Adat, Pukhanti Pakha Niti. Igama Pakha Wasa... Juga Makhi Sai Temon... Tihadap Kuti Khumpok Kepakha Punyimbang Bubidang Bumi, Bubidang Buai."

Tuesday, March 6, 2012

_BADIK LEBAI CENADANG_


Badik Lebai Cenadang
Sebutan Pagar Dewa
Dilambung Way Ya Ngambang
Jak Umpu Kandang Dewa





























Banyak juga yang berpendapat bahwa Badik Lebai model ini orang-orang menyebutnya Badik PAGARDEWA. Di lihat dari fisiknya badik ini sangat beracun, sehingga sebagian orang menyebutnya dengan nama CULIK AMBAW.

Ciri lain dari Badik jenis ini adalah apabila badik tersebut diletakkan kedalam wadah yang berisi air, maka badik tersebut tidak tenggelam melainkan mengambang kepermukaan air dengan posisi tegak melintang diatas air. (sumber dari para tetua-tetua kami)


Menurut pemahaman kami, senjata tikam model ini banyak diminati orang karena nilai etik (tuahnya) yang bisa menimbulkan wibawa dan derajat seseorang dalam mitosnya.

IRHAM RIDHO
Glr. PANGERAN KELANA DATUK PUTIH

2 comments:

  1. kalo dilihat dr fisiknya tidak ada persamaan persis atau ciri khas bentuk fisik BADIK PAGAR DEWA jadi kalo disimpulkan ciri khas BADIK PAGAR DEWA hany jika di test ditenggelamkan di air akan mengambang dgn posisi berdiri (ujung bilah dibwah dang gagang diatas) Apa memang demikian ciri khasnya? MOHON PENCERAHAN DARI PARA TETUA DAN PEMERHATI BADIK LAMPUNG (oleh yudha turunan Menak Pati Pejurit)

    ReplyDelete
  2. kalo nyari pembuat badik di seluruh lampung saat ini masih ada ga ya ?

    ReplyDelete